Koleksi terbaru masa kini lagi trend Memahami sekilas pengertian sistem pemerintahan Indonesia.
Apakah anda tahu dengan sistem pemerintahan Indonesia? negara tercinta kita ini merupakan negara yang terletak di Asia Tenggara dan merupakan negara yang kaya akan kekayaan bahari dan hayatinya. Negara yang katanya tanah surga negara yang batu ditanam jadi tamanan dan sederet sebutan yang nyatanya tidak seperti yang kita rasakan. Namun meskipun seperti itu Indonesia tetaplah negara kita, bumi pertiwi kita dimana Gadja Mada dulu menyatukannya dengan nama Nusantara. Alangkah sedihnya jikalau kita melihat kekayaan alam kita yang melimpah di ambil alih oleh negara lain, alangkah mirisnya di tanah surga ini kita harus mati dalam lumbung padi. Mari kita memerdekakan kembali negara kita Indonesia dengan belajar lebih mendalam lagi siapa Indonesia.
istana negara

Saya pribadi merasa belum tinggi nilai nasionalis yang saya miliki, namun saya tetap ingin menjadi nasionalis sejati seperti pejuang pejuang kemerdekaan terdahulu. Nenen moyang yang membangun bangsa Indonesia hingga kita bisa menikmati segala jerih payah mereka yang tak kenal lelah dan nyawa sebagai tebusannya. Dengan sedikit memahami tentang sistem pemerintahan Indonesia setidaknya saya ikut andil dalam memahami pertiwi saya, dimana rasa cinta akan datang dengan mengenalnya terlebih dahulu. Banyak sudah yang melupakan pengertian dan makna makna dalam unsur negara ini. Oleh sebab itu mari sedikit kita pahami sistem pemerintahan di Indonesia untuk lebih dalam kita mencintai negara ini,

Sistem Pemerintahan

Dalam wikipedia ensiklopedia bebas berbahasa indonesia di sebutkan dan dijelaskan bahwa sistem pemerintahan adalah  sistem yang dimiliki suatu negara dalam mengatur pemerintahannya.  Sesuai dengan kondisi negara masing-masing, sistem ini dibedakan menjadi yakni 
  • Presidensial
  • Parlementer
  • Semipresidensial
  • Komunis
  • Demokrasi liberal
  • Liberal.
Dengan sistem pemerintahan ini sebuah negara bisa menjaga kestabilannya dan secara luas akan menjaga kestabilan masyarakat, menjaga tingkah laku kaum mayoritas maupun minoritas, menjaga fondasi pemerintahan, menjaga kekuatan politik, pertahanan, ekonomi, keamanan sehingga menjadi sistem pemerintahan yang kontinu dan demokrasi dimana seharusnya masyarakat bisa ikut turut andil dalam pembangunan sistem pemerintahan tersebut (Wikipedia : Sistem pemerintahan)

Sistem Pemerintahan Indonesia

Indonesia merupakan negara yang menjalankan sistem pemerintahan republik presidensial multipartai yang demokratis. Seperti juga di negara-negara demokrasi lainnya, sistem politik di Indonesia didasarkan pada Trias Politika yaitu kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif. Kekuasaan legislatif dipegang oleh sebuah lembaga bernama Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Dahulu MPR pernah menjadi lembaga tertinggi negara unikameral, namun setelah amandemen ke-4 MPR bukanlah lembaga tertinggi lagi, dan komposisi keanggotaannya juga berubah. MPR setelah amandemen UUD 1945, yaitu sejak 2004 menjelma menjadi lembaga bikameral yang terdiri dari 560 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang merupakan wakil rakyat melalui Partai Politik, ditambah dengan 132 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang merupakan wakil provinsi dari jalur independen. (Wikipedia : Indonesia)
Itulah tadi sekilas tulisan untuk sekedar Memahami sekilas pengertian sistem pemerintahan Indonesia demi menumbuhkan rasa ingin tahu terhadap tanah dimana kita dilahirkan dan dimana kita tinggal serta menikmati semua kekayaan alamnya sehingga kita bisa tumbuh rasa nasionalis tinggi terhadapa negara ini. Semoga bisa menjadi manfaat bagi kita semua.